Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Mata Pterigium

Pterygium adalah kondisi mata yang ditandai dengan tumbuhnya selaput yang menutupi bagian putih pada bola mata. Kondisi ini dapat terjadi pada salah satu atau kedua mata sekaligus.

Penyakit yang termasuk lesi nonkanker ini jarang menyebabkan komplikasi berbahaya. Tetapi jika terus tumbuh dan tidak ditangani, pterygium bisa menyebar sampai ke kornea mata sehingga mengganggu penglihatan penderitanya.


Pengobatan dan Pencegahan Pterygium

Setelah pemeriksaan selesai, dokter akan mengetahui tingkat keparahan pterygium yang ada. Kondisi ini umumnya tidak membutuhkan penanganan khusus jika tergolong ringan dan tidak mengganggu penglihatan atau kenyamanan mata Anda. Meski demikian, Anda tetap disarankan untuk menjalani pemeriksaan mata secara berkala guna memantau perkembangannya.

Berbeda jika pterygium terbukti menghalangi kemampuan melihat atau mengganggu kenyamanan Anda. Dalam hal ini, dokter akan menyarankan beberapa langkah penanganan yang meliputi obat-obatan dari dokter dan operasi.

Penggunaan obat-obatan, misalnya obat tetes mata yang mengandung steroid dan lubrikasi, dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya inflamasi atau meringankan gejala Namun, terkadang obat saja tidak cukup sehingga operasi pengangkatan pertumbuhan pterygium umumnya dianjurkan. Karena berpotensi menyebabkan komplikasi, prosedur operasi hanya dianjurkan jika:

- Penanganan lain terbukti tidak efektif.
- Kemampuan penglihatan pasien terancam mengalami penurunan.

Begitu operasi selesai, ada beberapa jenis obat yang biasanya diberikan oleh dokter untuk menurunkan risiko komplikasi sekaligus mencegah pterygium yang kembali tumbuh. Pemantauan kondisi mata pasien juga akan dilakukan selama sekitar satu tahun.

Selain penanganan medis, Anda dapat menghindari pajanan dari lingkungan di sekitar, seperti sinar matahari, asap, atau debu yang dapat memicu pterygium. Misalnya, dengan mengenakan kacamata hitam atau topi saat bepergian. Langkah ini juga berguna untuk mencegah pterygium terjadi atau kembali.

Artikel Terkait Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Mata Pterigium :

1 komentar:

This is the most interesting information and fit into our topic.

obat amandel
obat amandel
obat amandel tanpa operasi

Balas